Pelatihan Komunikasi Interpersonal dan Cara Mendengarkan yang Efektif oleh EQWIPHUBs

Pelatihan Komunikasi Interpersonal dan Cara Mendengarkan yang Efektif oleh EQWIPHUBs

EQWIPHUBs adalah jaringan global dari ruang inovasi yang menghubungkan dan mengubah cara berpikir kawula muda dengan memberikan keterampilan khusus demi mempersiapkan mental yang sesuai dengan kebutuhan kerja di era abad ke 21. Dalam kesempatan kali ini, telah diadakan Pelatihan Komunikasi Interpersonal dan Cara Mendengarkan yang Efektif dengan mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Surabaya oleh EQWIPHUBs. Program ini dilaksanakan pada Jumat, 23 November 2018 di Gedung C80201. Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk mendorong penghidupan yang berkelanjutan bagi generasi penerus bangsa demi menggerakkan dunia ke depan yang dimulai dari mempunyai keterampilan berkomunikasi yang baik. Pelatihan ini dipimpin oleh relawan dari Kanada yaitu Alexandre Gosselin yang ditemani oleh Asistennya yang bernama Marta.

Komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam dunia kerja, bahkan dalam pergaulan di kehidupan sehari-hari. Tanpa kemampuan berkomunikasi yang baik tentu saja seseorang akan merasa kesulitan dalam berbagi informasi. Mengingat pentingnya komunikasi antar pribadi, dalam pelatihan ini telah disampaikan strategi apa saja yang harus dilakukan agar dapat mendengarkan secara efektif, bentuk-bentuk komunikasi di tempat kerja, hal-hal apa saja yang harus dihindari saat berbicara dengan orang lain, dan tidak lupa disampaikan tips dan taktik untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat Public Speaking.

Pelatihan ini tidak seperti pelatihan pada umumnya yang dimana audience hanya duduk dan diam mendengarkan materi, tetapi mereka juga diminta secara aktif memberikan partisipasinya dalam serangkaian pelatihan. Seperti diminta untuk menuliskan hal-hal apa saja yang berhubungan dengan kata “Komunikasi” dalam berbahasa Inggris di depan kelas. Pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam ini dirasa telah mampu meningkatkan teknik dan keterampilan komunikasi, seperti gaya komunikasi, mendengarkan secara efektif, berinteraksi, berempati, senyum, dan membaca atau menafsirkan bahasa tubuh (body language) saat berkomunikasi dengan orang lain.

 

Sumber: Instagram @eqwip_hubs_indonesia

Pada pelatihan Komunikasi Interpersonal dan Cara mendengarkan yang Efektif ini mengungkap rahasia komunikasi yang elegan, fleksibel, dan dapat diterima berbagai kalangan teman bicara, dan dengan mudah menjalin kedekatan dan akhirnya mempengaruhi teman bicara. Menguasai seni komunikasi akan dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam hubungan dengan siapapun, baik itu dalam kehidupan professional di tempat kerja, ataupun dalam kehidupan pribadi.

Sesi foto bersama seusai Pelatihan

Sumber: Dokumen Pribadi

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »