Kegiatan Sosialisasi Immersion Program Kelas Unggulan FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Hari Sabtu lalu, 9 Februari 2019 diadakan kegiatan sosialisasi PPL bagi orangtua / wali murid mahasiswa kelas unggulan FMIPA, baik dari Jurusan Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, maupun Pendidikan Sains dari angkatan 2016 dan 2017 . Kegiatan dilakukan di Gedung Auditorium D1 Lantai 3. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan orangtua dari mahasiswa juga memahami bagaimana mekanisme PPL yang diperuntukkan bagi mahasiswa kelas unggulan.

Sebelum kegiatan dimulai, para tamu undangan mengisi daftar hadir di depan ruangan kegiatan terlebih dahulu. Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dengan penyampaian sambutan dari Ketua Program Unggulan FMIPA dan dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi. Pertama, ditampilkan powerpoint yang berisi jajaran mahasiswa Unggulan FMIPA yang berhasil melaksanakan PPL di luar negeri beserta prestasi dan prospek kerja yang dimiliki. Para orangtua juga dapat melihat daftar tersebut di buku panduan yang diberikan saat pengisian daftar hadir.

Dari tayangan slide tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Unggulan FMIPA memiliki kesempatan yang luar biasa untuk mengasah kemampuan mengajarnya di sekolah internasional, baik di dalam maupun di luar negeri. Prospek kerja yang akan mereka terima juga akan cukup menjanjikan mengingat kesempatan tersebut tidaklah dimiliki oleh setiap mahasiswa di prodi pendidikan. Bahkan beberapa mahasiswa yang mengikuti PPL tersebut diberikan tawaran untuk mengajar disana setelah lulus dari pendidikan S1.

Setelah itu, terdapat kegiatan tanya jawab yang terdiri atas tiga sesi. Dimana setiap sesi terdapat tiga pertanyaan yang akan dilontarkan oleh orangtua mahasiswa, disusul jawaban dari pihak fakultas yang menangani program unggulan FMIPA. Kegiatan tanya jawab ini didampingi oleh moderator yang merupakan putra-putri FMIPA tahun 2018.

Beberapa pertanyaan yang diberikan terkait dengan biaya, aturan, dan mekanisme pelaksanaan PPL bagi mahasiswa kelas unggulan FMIPA. Terkait biaya, terdapat beberapa jenis program PPL, diantaranya Program PPL Luar Negeri dan Dalam Negeri khusus Sekolah eks-RSBI. Untuk PPL luar negeri ada yang berbayar dan tidak, jika mahasiswa ingin mengikuti program tanpa biaya harus melalui serangkaian tes yang diadakan oleh pihak universitas pengirim dan penerima. Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak lolos seleksi, masih dapat mengikuti PPL luar negeri berbayar atau PPL di sekolah eks-RSBI yang tidak dipungut biaya apapun. Dan bagi orangtua mahasiswa diminta mengisi surat persetujuan mengenai mekanisme pelaksanaan PPL bagi mahasiswa kelas unggulan FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Tidak hanya berupa kegiatan tanya jawab, beberapa orangtua juga memberikan saran dan masukan bagi pelaksanaan progran kelas unggulan. Sebagian besar orangtua siswa terlihat antusias dengan adanya program ini, karena akan membuka peluang yang cukup besar bagi putra putri mereka untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman mengajarnya. Sehingga akan membuka prospek kerja yang bagus pula bagi mahasiswa.

Setelah tiga sesi kegiatan tanya jawab, acara diakhiri dengan ucapan terimakasih dari moderator. Selain itu, diberikan pengumuman terkait batas pengumpulan surat persetujuan yang diterima oleh orangtua mahasiswa. Orangtua mahasiswa pun diperkenankan meninggalkan tempat kegiatan sosialisasi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan orangtua mahasiswa dapat mengetahui bagaimana mekanisme pelaksanaan PPL bagi mahasiswa kelas unggulan FMIPA, sehingga dapat melakukan beberapa persiapan sebelumnya.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »