International Summer Camp for S&T Innovation di Beijing University of Chemical Technology, China

International Summer Camp for S&T Innovation di Beijing University of Chemical Technology, China

International Summer Camp for S&T Innovation 2019 BUCT merupakan program musim panas yang diselenggarakan untuk mengenalkan dunia kampus BUCT yang dikenal sebagai key university of higher learning kepada masyarakat internasional. Program ini memiliki beberapa keuntungan diantaranya adalah dapat menstimulasi potensi inovasi dan kreatifitas, meningkatkan literasi sains dan literasi humanistik, membuka wawasan internasional, mendapatkan pengalaman multikultural, serta dapat meningkatkan semangat kerja tim dan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk memperoleh beasiswa.

Pada kesempatan kali ini, satu-satunya mahasiswa Unesa angkatan 2016 yang bernama Rezi Ulya Fauziah dari jurusan kimia berpartisipasi dalam program fully funded ini. Berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 7-20 Juli 2019 berlokasi di Beijing University of Chemical Education, Beijing, China. Diikuti sebanyak 120 peserta undergraduate dan graduate dari seluruh dunia seperti Indonesia,  Amerika, Inggris, Italia, Perancis, Rusia, Mesir, Nepal, India, Portugal, Malaysia, Korea Selatan dan lain-lain.

Semua peserta tinggal di Student Apartment di North Campus BUCT yang terletak di Changping distrik. Kampus ini berhasil menerapkan budaya hidup sehat dengan membatasi pemakaian kendaraan bermotor di lingkungan kampus. Semua mahasiswa berjalan kaki ketika hendak pergi ke lecture building, perpustakaan, hingga kantin dan supermarket yang tersedia di dalam kampus yang mempunyai luas sekitar 15 hektari ni.

Program summer camp ini secara umum meliputi kunjungan key laboratories yang dimiliki semua kampus BUCT, menghadiri kuliah tentang kimia secara umum, pengenalan para professor beserta penelitian yang telah dilakukannya, mengunjungi perusahaan juga tempat ikonik, seperti tempat yang menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia, yaitu Tembok Besar China.

Peserta dari Indonesia mendapatkan undangan untuk menghadiri kegiatan sarasehan  dengan Kedutaan Besar Indonesia di Beijing Bersama masyarakat Tiongkok dan Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di hotel Grand Concordia dengan membawa kebanggan tersendiri bagi peserta summer camp untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, bertemu dengan Kedubes dan sharing pengalaman.

Dengana adanya program ini secara tidak langsung dapat melatih softskill, seperti mengajarkan bekerja dalam tim, dituntut aktif, bertanya, menyampaikan pendapat, beradaptasi dengan lingkungan yang notabene berbeda dengan negara asal, upaya immersed, mengenal dan menghargai budaya dengan semua peserta dari beberapa negara dapat menjadi hal menantang tersendiri.

Partisipasi untuk mengenal dan dikenal oleh dunia luas memang diperlukan. Diharapkan mahasiswa Unesa khususnya jurusan Kimia agar lebih berani menunjukkan identitasnya dengan mengikuti berbagai kegiatan akademis maupun non akademis yang dimulai dari tingkat lokal, nasional bahkan hingga go international. Jangan berdiam diri dan sudah saatnya untuk beraksi!

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »