KULIAH UMUM PUBLIC SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MAHASISWA KELAS UNGGULAN FMIPA UNESA

KULIAH UMUM PUBLIC SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MAHASISWA KELAS UNGGULAN FMIPA UNESA

Kemampuan komunikasi penting di abad 21 ini, terutama bagi para calon guru IPA dan Kimia. Pada 6 September 2019 Kelas Unggulan FMIPA Unesa melaksanakan kuliah umum bersama EqwipHubs Surabaya dengan tema Public Speaking untuk Calon Guru. Kuliah ini dipandu oleh Martha MacDonald, volunteer Eqwip Hubs dari Kanada, yang difasilitasi oleh Eqwip Hubs Surabaya.

Mahasiswa yang berasal dari Jurusan IPA dan Kimia diajak untuk memahami pentingnya keterampilan berkomunikasi di depan publik. Tidak hanya berkaitan dengan profesi yang akan mereka jalani sebagai guru, namun juga berkaitan dengan kehidupan sosial di masyarakat. Kegiatan ini diisi dengan penyampaian materi seputar tips dan trik public speaking. Diikuti dengan kegiatan workshop dan simulasi penerapan public speaking dari masing-masing peserta.  Secara bergantian mahasiswa berbicara di depan kelas untuk menyampaikan ide-ide mereka berdasarkan sebuah foto yang mereka pilih sendiri.

Workshop dilanjutkan dengan kegiatan story telling. Menariknya adalah pemandu memulai cerita di awal kemudian dilanjut mahasiswa secara bergantian. Antusiasme dan ide-ide kreatif yang unik tampak dari lanjutan-lanjutan cerita mahasiswa. Kegiatan ini membuat mahasiswa lebih percaya diri untuk berbicara di depan. Kekhawatiran membuat kesalahan bukan menjadi penghalang. Justru dengan adanya kesalahan, mereka akan belajar untuk menemukan cara yang tepat saat berbicara di depan publik. Mereka juga menyadari keterampilan berkomunikasi ini perlu dilatih terus menerus agar mereka terbiasa berbicara di depan umum.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »