WORKSHOP PENGEMBANGAN PROGRAM BIDANG AKADEMIK DAN PEMANTAPAN KINERJA DALAM MEMPERSIAPKAN AKREDITASI INTERNASIONAL

Standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan, termasuk pendidikan tinggi, ditentukan oleh pihak luar lembaga yang independen baik skala nasional maupun internasional melalui proses akreditasi. Dengan adanya akreditasi ini, mutu alumni perguruan tinggi memiliki standar dan terjamin sehingga diharapkan lulusannya memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Universitas Negeri Surabaya saat ini sedang mempersiapkan diri untuk turut serta dalam akreditasi internasional. Tentunya kesuksesan akreditasi internasional ini memerlukan dukungan dari unit-unit kerja di dalam Universitas Negeri Surabaya, termasuk peran serta setiap fakultas.

Pembukaan dan Sambutan Kegiatan Workshop oleh Dekan FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Dalam mewujudkan hal tersebut, FMIPA Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 20 s.d. 22 September 2019 melaksanakan dua kegiatan besar, yaitu Workshop Pengembangan Program Bidang Akademik dan Persiapan Akreditasi Nasional dan Workshop Pemantapan Kinerja bagi Pimpinan Fakultas, Pejabat Jurusan, GPM, UPM, dan tenaga kependidikan.

Dua kegiatan yang digawangi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, yaitu Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes, dan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Hj. Masriyah, M.Pd., ini mengarahkan para dosen mengembangkan program-program kerja untuk tahun berikutnya di pusat-pusat yang ada di FMIPA Unesa. Setelah itu, program-program kerja dipaparkan dalam forum untuk saling bertukar pendapat dan mendapatkan masukan-masukan agar program kinerja yang dilakukan saling bersinergi antar pusat satu dengan pusat lainnya. Pusat-pusat itu diantaranya adalah.

  1. PKMP (Pusat Kajian MIPA dan Pembelajarannya) yang diketuai oleh Dr. Abadi, M.Si. Pusat yang berkantor di Gedung IDB ini memiliki program kerja yang mengoptimalkan laboratorium FMIPA dan pembelajarannya untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan keilmuannya melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. SP2F (Satuan Perencanaan dan Pengembangan Fakultas) dengan Dr. Wahono Widodo, M.Si., sebagai ketuanya, memprogram pemetaan hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa yang bercirikan Techno-Sains.
  3. Pusat Kurikulum yang diketuai oleh Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd., menyiapkan akreditasi internasional dengan melakukan penyesuaian kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan OBE (Outcome Based Education) menuju ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik)
  4. Pusat Kerjasama yang merupakan kepanjangan tangan dari Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Unesa ini diketuai oleh Rusly Hidayat, M.Si., memaparkan perkembangan road map kerja sama dengan menjalin kerja sama dengan dinas-dinas terkait.
  5. Unit Penjaminan Mutu (UPM) dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) yang diketuai oleh Dr. Elok Sudibyo, M.Pd. mengarahkan seluruh UPM dalam menetapkan seluruh prosedur mutu di selingkung FMIPA Unesa agar setiap pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan standar yang jelas dan terukur.

Tim UPM dan GPM yang dipimpin oleh Dr. Elok Sudibyo, M.Si. menetapkan Prosedur Mutu untuk Kegiatan di FMIPA Unesa

Setelah serangkaian kegiatan penyusunan program dan persiapan akreditasi internasional tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop Pemantapan Kinerja bagi para pimpinan FMIPA, Pejabat Jurusan di FMIPA, GPM, UPM, dan tenaga kependidikan. Aktivitas-aktivitas dalam workshop ini diarahkan untuk meningkatkan motivasi kinerja sehingga dapat bersinergi dalam memberikan layanan baik bagi mahasiswa maupun dosen. Kegiatan outbound ini bertujuan untuk meningkatkan aktualisasi diri, menumbuhkan jiwa leadership, melatih kerja sama tim, menumbuhkan arti penting kebersamaan, dan menjadi sarana refreshing bagi para Pimpinan dan tenaga kependidikan selingkung FMIPA.

Outbound Tenaga Kependidikan FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Dekan FMIPA Unesa, Prof. Dr. Madlazim, M.Si., menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan workshop yang melibatkan tujuh puluh orang dosen dan lima puluh tenaga kependidikan ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi yang kuat dan keikhlasan  dalam bekerja. Tujuannya adalah mengantarkan FMIPA Unesa dalam lingkungan yang penuh keberkahan. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini sehingga acara ini berjalan dengan lancar sejak awal sampai akhir kegiatan.

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »