Ekokampus

[cycloneslider id=”1258″]

ECO KAMPUS FMIPA UNESA

Pemanasan global dan perubahan iklim (Climate Change) sudah bukan sekedar isu lagi, dan sudah merupakan masalah lingkungan yang harus segera diatasi. Masalah lingkungan dan upaya pengelolaannya semakin kompleks yang mencakup berbagai aspek yang sangat luas, sementara itu pemahaman manusia terhadap lingkungan hidup masih jauh dari sempurna.

Masalah lingkungan adalah masalah bersama yang membutuhkan sinergi semua elemen masyarakat, termasuk didalamnya adalah civitas akademika. Sebagai kalangan akademisi, pemikiran kedepan tentang masalah lingkungan sangat dinanti oleh masyarakat karena tentunya kualitas lingkungan yang baik akan menopang kehidupan yang baik.

Program Eco-Campus dilatar belakangi antara lain bahwa lingkungan kampus diharapkan harus merupakan tempat yang nyaman, bersih, teduh (hijau), indah dan sehat. Pengertian istilah ECO-CAMPUS/GREEN CAMPUS dalam konteks pelastarian lingkungan bukan hanya suatu lingkungan kampus yang dipenuhi dengan pepohonan yang hijau ataupun kampus yang dipenuhi oleh cat hijau, ataupun berangkali karena kebetulan jaket Almamater berwarna hijau, namun lebih jauh dari itu makna yang terkandung dalam ECO-CAMPUS bermakna sejauh mana warga kampus dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dilingkungan kampus secara efektif dan efesien misalnya dalam pemanfaatan kertas, alat tulis menulis, penggunaan listrik, air, lahan, pengelolaan sampah dll.

FMIPA UNESA telah turut berpartisipasi dalam rangka menyukseskan berlangsungnya eco campus.