ORIGAMIPA 2023, Wadah Adaptasi dan Tumbuhkan Semangat Konservasi bagi Mahasiswa Baru FMIPA Unesa

Surabaya – Sebagai bagian dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Orientasi Keluarga MIPA (ORIGAMIPA) bagi para mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai dari 22 hingga 25 Agustus 2023.

ORIGAMIPA 2023 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempercepat proses adaptasi para mahasiswa baru dengan kehidupan kampus, khususnya di lingkungan FMIPA Unesa. Melalui berbagai rangkaian acara, seperti seminar, workshop, games, dan outbond, para mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat dengan fakultas, jurusan, dosen, senior, dan teman seangkatan mereka.

Selain itu, FMIPA Unesa memiliki visi dan misi konservasi lingkungan dan ecoedupreneurship. Salah satu kegiatan yang menarik perhatian adalah tabur ecoenzyme di Ranunesa, yaitu sebuah lahan yang masih dalam kawasan kampus FMIPA Unesa yang ditanami berbagai jenis tanaman. Ecoenzyme adalah cairan hasil fermentasi dari sampah organik yang dapat digunakan sebagai pupuk organik maupun pembersih alami.

Dengan menggunakan ecoenzyme, para mahasiswa baru berharap dapat meningkatkan kesuburan tanah dan menjaga kelestarian lingkungan di Ranunesa. Selain itu, mereka juga belajar tentang potensi bisnis dari ecoenzyme yang dapat menjadi salah satu alternatif sumber penghasilan di masa depan.

Kegiatan ORIGAMIPA 2023 mendapat apresiasi dari Dekan FMIPA Unesa, Prof. Dr. Wasis, M.Si. Ia mengatakan bahwa ORIGAMIPA 2023 merupakan kegiatan positif bagi para mahasiswa baru untuk mempercepat adaptasi terkait kehidupan kampus. “Saya berharap ORIGAMIPA 2023 dapat menjadi awal yang baik bagi para mahasiswa baru untuk menempuh studi di FMIPA Unesa dengan semangat dan prestasi. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar Prof. Wasis.

Selain Dekan FMIPA Unesa, kegiatan ORIGAMIPA 2023 juga mendapat dukungan dari Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemahasiswaan, dan Alumni FMIPA Unesa, Prof. Rooselyna Ekawati, Ph.D., Ia menilai bahwa ORIGAMIPA 2023 memiliki nilai edukatif dan inspiratif bagi para mahasiswa baru. Ia juga mengapresiasi tema yang diangkat oleh panitia tahun ini. “Saya berpesan agar para mahasiswa baru tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga mengembangkan kreativitas dan jiwa wirausaha mereka. Saya yakin mereka dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat,” tutur Prof. Rooselyna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *