TEACHING IMMERSION PROGRAM UNTUK MAHASISWA FMIPA UNESA

Sembilan mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya telah melaksanakan program teaching immersion di Wadi Sofia International School Kelantan, Malaysia. Program teaching immersion ini berlangsung selama 3 minggu, mulai 23 Agustus 2016 hingga 8 September 2016. Wadi Sofia International School merupakan sekolah internasional di Kelantan yang memiliki beberapa jenjang pendidikan, mulai kindergarden, primary school, dan high school. Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya yang melaksanakan praktek mengajar di jenjang high school of Wadi Sofia International School terdiri dari 4 mahasiswa Fisika (Oktaviana Alfazriyah, Bethari Uswatul Isna, Rizki Fitri Rahima Uula, dan Ibrahim Hasan), 3 mahasiswa Kimia (Veto Barid Ramadhan, Aprilia Chorera, dan Hylda Rahmadini), dan 2 mahasiswa Matematika (Nurma Firdausi Az Zahra dan Fitri Anisa Kusumastuti).

Peserta teaching immersion ini sebelumnya melaksanakan praktek mengajar di SMA Trensains Jombang pada tanggal 18 Juli 2016 hingga 17 Agustus 2016. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, teaching immersion pada tahun 2016 ini memberikan pengalaman lebih kepada mahasiswa. Saat di SMA Trensains, mahasiswa peserta teaching immersion tinggal di lingkungan pondok pesantren Tebuireng Jombang selama kegiatan praktek mengajar. Kurikulum yang digunakan di SMA Trensains adalah Kurikulum 2013 dan Kurikulum Semesta, tetapi juga ada kelas khusus untuk Kurikulum Cambridge IGCSE. Selanjutnya, saat di Wadi Sofia International School, peserta teaching immersion ini pun tinggal di asrama sekolah.

teaching

Gambar 1. Foto bersama di Wadi Sofia International School

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Cambrigde IGCSE. Dengan demikian, mahasiswa peserta teaching immersion memiliki pengalaman lebih berupa pengalaman mengajar di sekolah berbasis pondok pesantren, pengalaman merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan mengkaitkan sains dengan Al-Qur’an seperti yang dikehendaki Kurikulum Semesta, pengalaman menerapkan pembelajaran dengan Kurikulum 2013, serta pengalaman mengajar menggunakan Kurikulum Cambridge IGCSE.

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *