PELATIHAN PERSIAPAN KE DUNIA KERJA OLEH EQWIP-Hubs

Pada Jumat, 3 November 2017 sebanyak 39 mahasiswa kelas unggulan FMIPA yang sudah lulus dari kelas foundational bisa melanjutkan ke kelas profesional. Di kelas professional diajarkan bagaimana mengembangkan diri dalam persiapan menghadapi dunia kerja. Untuk hari pertama, mahasiswa diberikan 3 materi pokok dalam mencari lowongan pekerjaan oleh native speakaer EQWIP-Hubs, Mr. Sly dari Kanada. Pertama mahasiswa diberi materi bagaimana membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar selanjutnya membuat cover letter dan yang terakhir bagaimana menghadapi wawancara kerja.

Penyampaian dalam pelatihan tidak hanya didengarkan oleh mahasiswa, melainkan dengan melatihkan secara langsung, seperti saat sudah memperoleh materi Curriculum Vitae dan cover letter setelahnya mahasiswa dibuat menjadi kelompok yang berisi 2 orang, setiap kelompok membuat CV dan cover letter sesui dengan ilustrasi yang ada dalam waktu 35 menit.

Selanjutnya dalam pelatihan wawancara kerja, mahasiswa dibentuk menjadi tiap kelompok yang beranggotakan 3 mahasiswa, dimana akan berperan sebagai interviewer, interviewee, dan observer ketiga peran ini akan dirolling sehingga setiap mahasiswa mengetahui bagaimana tata cara ketika menjadi interviewer, interviewee, dan observer. Selain pelatihan, mahasiswa juga mendapatkan modul pengantar dunia kerja dan beberapa tugas yang harus dikerjakan dan dikirimkan ke email Mr. Sly.

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *