UNESA- Pampanga State Agricultural University (PSAU-Phillipines) Intership Program 2019


Sweet Tamarind festival

10 mahasiswa UNESA mengikuti program Seateacher gelombang 7 pada bulan Januari sampai Februari 2019. Kami senang dapat melakukan PPL lebih dulu karena sesuai jadwal, mata kuliah PPP dilaksanakan di semester depan. Seateacher adalah program dibawah SEAMEO.  Seateacher memberi peluang bagi mahasiswa jurusan kependidikan dari universitas di Asia Tenggara untuk mengajar di negara-negara ASEAN. Negara yang mengikuti program ini meliputi; Malaysia, Thailand, Phillipines, Indonesia dan saling bertukar mahasiswa untuk satu bulan menjadi guru ajar. SEAMEO adalah singkatan dari South Asean Minister Education Organization, organisasi ini bertujuan untuk membangun kerja sama dalam bidang pendidikan. PSAU adalah universitas negeri berbasis pertanian di Pampanga. PSAU beralamatkan di Magalang, 2011 Pampanga, Philippines dengan luas lahan 15 hektar.PSAU yang terletak dibawah gunung Arayat menjadikan kampus yang unggul dibidang pertanian, bahkan terdapat spesies asam manis (sweet tamarind) yang hanya tumbuh di Filipina. Mereka mengembangkan produk-produk (sweet tamarind) seperti; sabu, kopi, teh namun produk unggulan adalah wine. Bahkan satu tahun sekali akan ada sweet tamarind festival (festival asam manis) dengan pawai menari sepanjang jalan kampus.

Gedung fakultas pendidikan dan SHS

 Terdapat 7 fakultas yang masing-masing mengembangkan SHS (Senior High School). College of Education mengembangkan SHS (Senior High School) dengan nama STEM (Science, Technology, Engineering, Matchematic). Saya mengajar tiga kelas yaitu STEM A,B,C untuk level 12.

PSAU kini mencapai level 4 (akreditasi A) untuk region III, dengan rektor bapak Dr. Honorio M. Soriano, sedangkan kepala sekolah Dexter Andrew O. Manalo, MAEd, LPT dan dekan fakultas untuk COED adalah Glenn M. Calaguas, Ph. D. , RGC, LPT. Setiap hari senin mereka mengadakan upacara bendera dengan perwakilan fakultas dan seluruh siswa, mahasiswa. mereka belajar penuh dari hari senin-kamis, dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran 120 menit per mata pelajaran. Filipina memiliki kurikulum K13 dimana Grade I : K – 3 Years (Kinder, Elementary) Compulsory, Grade II : 4 – 6 Years (Elementary) Compulsory, Grade III : 7 – 10 Years (Junior High School) Compulsory, Grade IV : 11 – 12 Years, (Senior High School) Compulsory. Sehingga SMA hanya kelas 11 dan 12, dan jika siswa lulus sekolah mereka tidak langsung mendaftar ke perguruan tinggi melainkan memilih pelatihan khusus 6 bulan. Dari pelatihan tersebut akan menentukan perkuliahan atau sertifikat kelulusannya digunakan untuk melamar pekerjaan. Perlu diketahui adanya kurikulum tersebut mewajibkan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris sejak kelas 3 SD, sehingga baik buku, tugas siswa atau cara mengajar guru semuanya berbahasa Inggris.

Mata pelajaran yang diampu siswa kelas 12 meliputi; biologi, DRR (Disaster, Risk, Reduction) atau pencegahan bencana alam, Olahraga, Penelitian, teknologi pemberdayaan, Aquatics and Mountaineering, Kewirausahaan, Fisika, Work immersion. Yang menarik adalah mata pelajaran penelitian, setiap semester siswa diwajibkan membuat penelitian dengan berbasis pertanian dan hasil penelitiannya akan dimuat di jurnal kampus. Selanjutnya mata pelajaran yang Indonesia harus mengadopsi adalah DRR karena letak Indonesia yang berada di lempeng api dan sama-sama memiliki resiko besar terhadap bencana alam. Mereka mendalami apa saja bencana alam yang timbul diwilayahnya dan bagaimana cara mengatasi termasuk simulasi bencana.

Kantin di PSAU

PSAU menyediakan sarana prasarana untuk siswa belajar seperti, ruang lab, perpustakaan, ruang kelas, student center (tempat siswa mengerjakan tugas atau istirahat dengan kewajiban harus menggunakan bahasa inggris dan difasilitasi internet gratis), audit,kolam renang, grand stand (lapangan dan seluruh fasilitas olahraga), kantin. PSAU juga kampus yang sangat aman karena hanya yang memiliki ID CARD dan selalu ada satpam membawa senapan berjaga atau berkeliling. Untuk ekstrakulikuler mereka memiliki; Reading Club,Archery club, Karate, English Club, Traditional Dance and Modern Dance, Science Club, dan Singing club, jevelin club, Agricultural club etc. Setiap siswa diperbolehkan mengikuti


Perpustakaan di PSAU

lebih dari satu di setiap semesternya. Aktivitas-aktivitas ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan potensi siswa dan ketertarikan siswa dalam bidang akademik maupun non akademik.  

Musium pertanian di perpustakaan

Salah satu keunikan yang ada diperpustakaan, mereka memiliki ruang musium pertanian yang ada di Filipinia. Barang-barang bersejarah dan terjaga rapi. Selanjutnya hanya diperpustakaan siswa dapat mencetak tugas dengan harga terjangkau di ruang caferoom.

Berfoto di tugu kampus

Internship Program 2019 dimulai sejak tanggal 6 Januari sampai dengan 3 Februari. UNESA telah memilih Putri Apriliyani sebagai mahasiswa perwakilan dari jurusan IPA dan Hani Rizkia Putri sebagai perwakilan dari jurusan Matematika. Sebagai interns, April mengajar level 12 dengan materi genetika (biologi) dan Hani level 11 dengan materi pre-calculus. Hari pertama kami mengikuti upacara dan diajak berkeliling kampus dengan memakai pakaian adat dan ini menjadi pengalaman berharga bagi kami.

Kadang-kadang, practice teacher juga membantu dalam pergantian kelas apabila terdapat guru yang tidak masuk. Sebelum praktik mengajar di SIS Palembang dilakukan, interns diberikan kesempatan untuk melakukan kelas observasi selama satu minggu. Selama observasi practice teacher diberikan kesempatan melihat kondisi siswa, cara mengajar guru pamong dan mempersiapkan rencana mengajar.

Mengajar DRR

Diminggu kedua practice teacher mengajar sebanyak tiga kelas (STEM A,B,C) dengan dua kali pertemuan setiap minggunya. Untuk materi genetika practice teacher menyampaikan materi kemudian bermain permainan seputar materi dan terakhir pemberian kuis. Siswa disana jarang sekali memiliki tugas, umumnya setelah pembelajaran guru mengadakan kuis sebanyak 20-30 soal dan mereka menulis jawaban di booklet . Nilai kuis akan menjadi nilai harian sehingga mereka selalu belajar materi sebelumnya dirumah. Karena kuis juga mereka sangat aktif untuk bertanya atau mengikuti pembelajaran. Siswa merasa menarik dengan pembelajaran yang ditengah-tengahnya terdapat permainan. Sayangnya sekolah telah mengatur untuk kelas 12 tidak ada praktikum, sehingga mata pelajaran yang dipraktikumkan berada di level 11 dan mata pelajaran kimia telah tuntas di level 10.

Siswa aktif bertanya pada saat pembelajaran
Bermain permainan tentang sex lingkage
Siswa membentuk kelompok dan menyusun strategi sebelum bermain “lets ask”
Siswa membentuk kelompok dan menyusun strategi sebelum bermain “lets ask”
Pembukaan dies natalis kampus dengan menari dangsa bersama
Berfoto dengan senator Agga

Program seateacher berlangsung sampai diminggu ke empat, pada minggu keempat adalah hari ulang tahun universitas sehingga banyak event yang disemarakkan. Seperti contoh sweet tamarind festival, lomba menyanyi, menari, drama, pidato, memanah, tolak peluru, bazar dari setiap fakultas, lomba mobile legend yang diadakan tiga hari 29-31 Januari. Selain sweet tamarind festival terdapat kegiatan yang menarik yaitu siswa SHS dari setiap fakultas menari cha-cha dance and swing dilapangan sebagai pembukaan dies natalis kampus. Selain itu kami menghadiri acara penyambutan 2 senator yang kebetulan berkunjung di PSAU, senator adalah pimpinan DPR dan filipinia memiliki 29 senator. Kami juga diberi kesempatan berfoto dengan mereka.

Ketika minggu ketiga daerah tempat kami yaitu Magalang merayakan fiesta. Fiesta adalah acara syukuran setelah tahun baru, mereka mengadakan pesta dengan masakan tradisional dan memperbolehkan siapa saja berkunjung kerumahnya dan karena program ini kami bisa banyak tau budaya yang ada disana .Dua hari sebelum kepulangan kami ke Indonesia PSAU mengadakan acara perpisahan untuk kami. Acara tersebut kami isi dengan penampilan menyanyi dan ucapan singkat untuk guru pamong, supervisor dan seluruh warga di PSAU. PSAU juga memberikan sertifikat


Fiesta day dirumah supervisor kami

practice teacher. Setelahnya kami menyantap hidangan tradisional yang telah disediakan.

Berfoto dengan siswa STEM C
Serah terima sertifikat praktik mengajar diacara penutupan

Related posts



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »