Pandemi Covid-19 telah menjadi Bencana Non Alam yang terjadi di wilayah Indonesia . Universitas Negeri Surabaya yang dalam hal ini Jurusan Fisika FMIPA menjadi perwakilan dalam KKN Tematik yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud yang berkolaborasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan dengan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang terkait dengan Covid-19 Daring dan literasi dan numerasi murid Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Relawan Covid-19 Nasional (RECON) guna memaksimalkan peran mahasiswa dalam kondisi pandemi Covid-19 untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya dari Covid-19.

Edukasi Mahasiswa Tentang Covid-19 Melalui Media Sosial

Kelompok KKNT yang terdiri dari 5 mahasiswa Prodi Fisika dan 5 mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2017 dan 2018 mengangkat tema Kesehatan Masyarakat. Semua program yang dilakukan selama KKN Tematik Covid-19 Daring yang berlangsung dibimbing oleh Meta Yantidewi, S.Si., M.Si., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan KKN Tematik Covid-19 ini berlangsung selama 1 bulan terhitung sejak 17 Agusutus 2020 sampai 17 September 2020 di Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya.

Webinar KKN Tematik Edukasi Seputar Covid-19 Dilakukan Secara Daring

Kelompok KKNT ini telah melakukan penyuluhan pencegahan Covid-19 dengan cara menempelkan poster informasi Covid-19. Kelompok KKNT ini juga memberikan edukasi dan demonstrasi pencegahan covid-19 secara offline untuk kalangan anak-anak. Tak hanya itu, edukasi dan demontrasi secara online juga mereka dilakukan melalui media sosial, seperti pada WhatsApp, Instagram, Twitter, dsb. Untuk selanjutnya terdapat program yang akan dilaksanakan yaitu Webinar KKNT Nasional mengenai Pola Hidup Sehat dan Tips Menghindari Stress Pada Masa New Normal yang diselenggarakan pada tanggal 19 September 2020

Adanya program KKN Tematik Covid-19 Daring ini yang diikuti oleh UNESA ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi mahasiswa, masyarakat, perguruan tinggi, pemerintah, dan pemangku kepentingan (hingga tingkat wilayah) dalam upaya gotong royong penanganan Covid-19 terkhusus untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perubahan perilaku Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk masyarakat. Melalui program KKNT ini juga semoga dapat mendorong kontribusi mahasiswa sebagai agent of change di tengah masyarakat serta diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang produktif selama pandemi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป