UNESA – Singapore School Medan Internship Program 2018

PPL adalah program tahunan yang diselenggarakan oleh Unesa. Setiap tahun, Unesa mengirim mahasiswanya untuk mendapatkan pengalaman mengajar di berbagai sekolah, baik sekolah nasional maupun internasional. Tahun ini, ada dua mahasiswa Unesa yang terpilih untuk mengikuti program PPL di Singapore School Medan (SIS Medan), yang berlokasi di Kompleks Royal Sumatra, Medan, Sumatra Utara. Dua orang guru itu adalah Yenny Fitria Novitasari (S1-Pendidikan Matematika) dan Shintya Firsty Nur Fadhila (S1-Pendidikan IPA). Program magang diadakan selama 8 minggu dimulai dari 16 Juli hingga 8 September 2018.

Tujuan dari PPL adalah untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di dunia nyata khususnya di Sekolah Internasional. Program ini juga sejalan dengan program FMIPA, yaitu Program Kelas Unggulan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka dan kemahiran bahasa Inggris.

SIS Medan, dipimpin oleh Mr. Michael R. Singh, memiliki beberapa tingkat pendidikan. Mereka adalah Pra Sekolah, Sekolah Dasar, Secondary, dan Junior College. Para guru berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, Filipina, India, China, Kanada, AS, dan Inggris. Selain menggunakan program Cambridge dan IB Diploma untuk melakukan sekolah. SIS Medan menggunakan dua kurikulum, Cambridge untuk Sekolah Dasar hingga Kurikulum Tingkat Dasar dan IB untuk Junior College.

Pada PPL ini, mahasiswa Matematika diberikan kesempatan untuk melakukan observasi kelas di semua kelas menengah dan tingkat standar (SL) dari junior college 1. Mahasiswa matematika berkolaborasi dengan Ms. Ma Elena Cruz-Chichioco, kepala departemen Matematika. Selama observasi, mahasiswa dapat melihat bagaimana kurikulum Cambridge / IGCSE dan Program Diploma IB bekerja di kelas matematika dan untuk lebih banyak lagi, ini akan membantu siswa-guru untuk memutuskan strategi pengajaran mana yang cocok dengan mereka. Ibu Elena sebagai guru pamong juga memberi siswa-guru kesempatan untuk mengajar semua kelas menengah mulai dari secondary 1 sampai secondary 4. Sebelum mengajar, mahasiwa harus membuat RPP dan mengkonsultasikannya kepada guru pamong. Mahasiswa diharapkan memiliki peningkatan keterampilan mengajar mereka dari masukan yang diberikan guru pamong setelah mengajar. Bukan hanya sekedar mengajar, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang akan digunakan untuk penilaian.

Mengajar di sekolah internasional sangat menantang, karena mahasiswa tidak hanya harus menguasai topik yang akan dibahas, tetapi juga kemampuan bahasa Inggris. Tetapi guru pamong bersedia membantu jika mahasiswa menemukan kesulitan.

               Di Departemen Sains, ada satu guru sebagai kepala departemen yang memimpin para guru sains lainnya. Mr. Wika Prayogi sebagai kepala departemen sains yang mengajar kimia untuk junior college, secondary 4  dan secondary 3 juga mengontrol. Dan guru sains lainnya mengajar primary dan secondary. Mr. Yogi sebagai kepala departemen memberi kesempatan kepada guru untuk melakukan observasi dan mengajar semua kelas primary dan juga kelas secondary. Semua guru sains dapat berfungsi sebagai guru pamong. Kepala sekolah diperbolehkan mengajar kelas yang berbeda sesuai dengan kelas guru sains. Keuntungan menghadiri semua kelas adalah mengetahui bagaimana proses pengajaran yang berbeda, belajar bagaimana berinteraksi dengan siswa dan melihat bagaimana kurikulum Cambridge / IGCSE dan Program Diploma IB bekerja di kelas sains.

Selama observasi kelas beberapa siswa memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi, secara aktif mengajukan pertanyaan tanpa ragu tentang materi. Proses pembelajaran mengarah pada metode diskusi di mana guru dan siswa berinteraksi dan menyatakan pendapat. Selain itu, pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” sering muncul terkait dengan topik yang sedang dipelajari, sehingga dalam hal ini siswa bebas berdebat dan guru memiliki tugas untuk membimbing dan mengarahkan siswa ke konsep.

Dengan menyelesaikan program PPL, mahasiswa diharapkan siap dalam menerapkan apa yang telah dipelajari. Selain itu, mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, organisasi, dan kerja sama tim mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *