International Credit Transfer Di Tarlac Agriculture University oleh Ranum Mellina Hindrianingtyas Angkatan 2018 Biologi

  • Deskripsi Mata Kuliah yang Diambil di TAU

Mata kuliah     : Ecotourism and Outdoor Recreation

Jumlah SKS    : 2

Nama dosen    : Julius Rae Redubla Allam

Jadwal kelas    : Senin dan Rabu, 08.00-09.30 MW atau 07.00-08.30 WIB

Mode kelas      : Online

Media              : Google Clasroom dan Google Meet

Penyampaian materi    : Ceramah dan presentasi

Mode ujian      : UTS dan UAS menggunakan Google Form

Penjelasan       :

Mata kuliah Ecotourism dan Outdoor Recreation mengajarkan tentang pengelolaan wisata berbasis lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Pada mata kuliah ini dijelaskan tentang pengertian ecotourism sebagai salah satu destinasi wisata berbasis alam yang dapat menunjang berbagai sisi baik secara perekonomian, sejarah dan pendidikan. Kuliah yang disampaikan tanpa ada praktik namun mahasiswa dituntut untuk dapat mengeksplorasi potensi wisata alam sekitar yang dekat dengan tempat tinggal. Wisata alam atau ecotourism lebih menitikberatkan pada pelestarian alam berkelanjutan yang dilindungi undang-undang dan peraturan yang berlaku, tidak mengutamakan profit atau keuntungan material semata. Wisata alam yang dimaksudkan harus memenuhi syarat yaitu mengandung unsur sejarah, merupakan wilayah konservasi, memiliki flora dan faunda yang dilindungi, bermanfaat bagi manusia, tidak membahayakan, memiliki regulasi hokum yang jelas dan pengunjung bersifat kelompok kecil (non-mass tourism). Penyampaian materi dilakukan langsung oleh dosen pengampu, mahasiswa dapat aktif bertanya maupun diberikan pertanyaan sehingga kelas semakin dinamis.

Sebagai perwakilan Indonesia, saya memperkenalkan destinasi wisata alam di Mojokerto, Jawa Timur yakni Trowulan dan Waduk Tanjungan. Sedangkan teman-teman dari TAU memperkenalkan destinasi wisata yang mayoritas pantai serta resort. Kesempatan di kelas untuk bertukar budaya antar negara merupakan kesempatan yang langka.

  • Kesan Selama Mengikuti Program

Selama mengikuti program saya terkesan akan keramahan pihak Tarlac Agricultural University saat menyambut dan menanggapi saya di kelas. Baik dosen maupun teman kelas tidak mempermasalahkan kemampuan Bahasa Inggris saya yang kurang baik. Mereka menyemangati dan membantu saya untuk terus belajar. Saya juga tidak mengalami kesulitan memahami amteri karena materi dijelaskan dengan sangat gamblang dan terstruktur.

Dosen pengampu mata kuliah di TAU dan jajaran staff yang membantu administrasi sangat baik dan komunikatif. Sehingga mahasiswa tamu seperti saya tidak kesulitan mendapatkan informasi maupun berkomunikasi. Saya kesulitan menghubungi melalui Massanger dan dosen saya menyarankan menghubungi melalui e-mail maupun akun Instagram. Saya merasa kesempatan mengikuti program ini adalah pengalaman yang sangat berharga dan tidak akan saya lupakan.

  • Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih pertama saya tujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kegiatan yang telah saya lakukan dapat terlaksana dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Saya berterima kasih kepada Bapak/Ibu Dosen Jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya yang telah membantu membukakan jalan dan memfasilitasi saya hingga dapat mengikuti program ini. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada pihak Tarlac Agricultural University yang telah menyelenggarakan program dan membagikan ilmu kepada saya. Selanjutnya ucapan terima kasih saya tujukan kepada orang tua dan teman kelas saya yang menyetujui dan mendukung saya mengikuti program ini. Tanpa dukungan berbagai pihak saya tidak akan merasakakan pengalaman berharga ini.

LAMPIRAN

  1. Google Clasroom Kelas Ecotourism and Outdoor Recreation
  • Tugas yang dikumpulkan
  • Kegiatan penyampaian materi pembelajaran oleh dosen
  • Power point
  • Komunikasi dengan dosen menggunakan Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *