Kuliah Tamu dari Mr. Shah Fahad Ali Khan Dosen Zoologi University of Chitral, Pakistan

        Hari Senin, 25 Februari 2019 telah dilaksanakan kuliah tamu pada kelas unggulan selingkung Fakultas MIPA Unesa oleh Mr. Shah Fahad Ali Khan yang merupakan Dosen zoology University of Chitral, Pakistan. “Designing Future” merupakan judul dari presentasi Mr. Shah Fahad Ali Khan. Mr. Khan mengatakan kemampuan komunikasi adalah kemampuan penting yang harus dimiliki untuk mencapai kesuksesan disamping beberapa kemampuan lain. Komunikasi merupakan cara bagaimana seseorang menyampaikan informasi ke orang lain, yang meliputi kemampuan dalam berbahasa, keterampilan, serta penampilan yang dapat merepresentasikan kepribadian dari seseorang.

          Mr. Khan bersama dengan Izhar Mahendra (Putera Universitas Negeri Surabaya 2018) selaku moderator mengajak para peserta kuliah tamu untuk melakukan kegiatan diantaranya peserta diajak menuliskan pencapaian apa yang paling dibanggakan selama menjadi mahasiswa sejauh ini, siapakah tokoh panutan tiap mahasiswa, dan lain sebagainya. Setelah itu mahasiswa diajak untuk mendeskripsikan minimal tiga karakteristik sosok idola yang menjadi panutan serta menuliskan paling sedikit satu kelebihan yang dimiliki oleh mahasiswa yang tidak dimiliki oleh tokoh panutannya. Acara berlangsung menarik, mahasiswa diajak untuk berfikir kritis menilai dirinya.

     Berbicara tentang mempersiapkan masa depan, Mr. Khan juga menjelaskan beberapa prinsip untuk meraih kesuksesan yakni meliputi etika kerja, usaha intelektual pada situasi yang tepat, kompetensi diri, kemampuan menyusun rencana sebagai pencapaian tiap tahun, serta mengubah ide menjadi aksi nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *