Studi Banding di Universitas Negeri Yogyakarta

Senin, 06 Maret 2017 dilaksanakan studi banding ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta untuk mendapatkan informasi mengenai kelas unggulan yang ada di FMIPA UNY. Wakil Dekan I FMIPA Unesa Bapak Madlazim memimpin tim ke FMIPA UNY dengan didampingi Kaprodi Pendidikan Matematika Ibu Rooselyna Ekawati, Kaprodi Pendidikan Biologi, Ibu Endang Susantini, Kaprodi Pendidikan Fisika Ibu Suliyanah, Kaprodi Pendidikan Kimia, Bapak Sukarmin, Kajur IPA Bapak Wahoo Widodo, Ketua Pengelola Kelas Unggulan Bapak Abadi dan Sekretaris Pengelola Kelas Unggulan Bapak Rusly Hidayah. Pada pertemuan di lantai 2 FMIPA UNY, tim ditemui oleh Dekan FMIPA UNY Bapak Hartono dan segenap dekanat serta ketua jurusan selingkung FMIPA UNY.

Gambar 1. Pembukaan kegiatan studi banding

Acara studi banding dibuka dengan sambutan dari Dekan FMIPA UNY Bapak Hartono dan sambutan dari Wakil Dekan I FMIPA Unesa Bapak Madlazim, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang penyelenggaraan kelas unggulan oleh Wakil Dekan I FMIPA UNY Bapak Slamet Suyanto dan tanya-jawab. Pada sesi pemaparan dan tanya-jawab, diperoleh banyak hal yang menarik tentang kelas unggulan yang ada di FMIPA UNY yaitu tentang Program kelas unggulan di Universitas Negeri Yogyakarta telah melakukan berbagai kegiatan mulai dari pengembangan perangkat perkuliahan berbahasa Inggris, program sit-in di Universitas yang berada di Malaysia dan Thailand, program credit transfer yang dilakukan dengan Universitas di Malaysia dan Thailand, pertukaran mahasiswa dengan berbagai Universitas di luar negeri, dan mendatangkan guest lecturer dari berbagai Universitas di luar negeri.

Kegiatan studi banding diakhiri dengan observasi ke kelas unggulan, dimana pada mata kuliah di jurusan pendidikan matematika sedang berlangsung presentasi dari mahasiswa tentang strategi belajar mengajar untuk siswa auditori dan kinestetik. Semoga hasil dari studi banding ke FMIPA UNY dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dari kelas unggulan yang ada di FMIPA Unesa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *