Webinar Studi Lanjut dan Prospek Riset Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri

Hari Jumat Tanggal 22 April 2022, FMIPA Unesa menyelenggarakan webinar berjudul “Webinar Studi Lanjut dan Prospek Riset Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri”. Kegiatan ini merupakan upaya rutin yang dilakukan FMIPA untuk  mendorong internasionalisasi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi dan kualifikasinya, seperti yang diungkapkan oleh ketua panitia kegiatan Lisa Lisdiana Ph.D. Hal ini sejalan dengan milestone FMIPA untuk Tahun 2021-2025, yaitu menjadi fakultas yang menginisiasi pengakuan di level regional. Webinar ini dilaksanakan secara hybrid, di Gedung Auditorium Slamet Dajono FMIPA Unesa dan via Zoom. Jumlah peserta dari kegiatan ini adalah sekitar 85 dari Dosen dan Mahasiswa.  

Kegiatan ini melibatkan tiga narasumber. Narasumber 1 yaitu Wahyudi Agustiono, S.Kom, M.Sc., Ph.D., Associate Professor at Department Information System, University of Trunojoyo Madura. Narasumber 2 yaitu Achmad Faried, S.T., Australia and New Zealand Dedicated Counselor. Narasumber 3 yaitu Bagus Putra Muljadi, B.S., M.S., Ph.D.. Narasumber 3 merupakan Assistant Professor at The University of Nottingham.

Narasumber 1, Wahyudi Agustiono, S.Kom, M.Sc., Ph.D., menjelaskan bahwa kesempatan untuk studi lanjut di luar negeri memerlukan tekad dan support system. Tekad ini diperlukan dalam proses apply dan menyelesaikan studi pada Ph.D level. Support system juga merupakan hal essensial yang perlu dipersiapkan sebelum studi Ph.D. Keduanya Beliau penuhi ketika beliau studi S2 di Waseda University, Japan dan S3 di Deakin University, Australia. Saat webinar, Beliau juga menjelaskan pengalaman-pengalaman Beliau saat berjuang untuk studi S2 dan S3 beliau di kedua kampus luar negeri tersebut.

Narasumber 2,  Achmad Faried, S.T., adalah konsultan Pendidikan dari IDP. Beliau menjelaskan IDP siap menjadi partner Dosen dan Mahasiswa dalam mencari kampus yang sesuai dengan expertise dan interest area calon Ph.D. Selain menjelaskan syarat-syarat administrasi untuk apply Ph.D, Beliau juga menjelaskan bahwa research paper juga merupakan kunci utama untuk mendapatkan LoA dari kampus luar negeri. Beliau juga menjelaskan peluang-peluang untuk studi Ph.D di Australia dan New Zealand.

Narasumber 3, Bagus Putra Muljadi, B.S., M.S., Ph.D., Seperti halnya Narasumber 1 dan 2, beliau menjelaskan  bagaimana kesempatan studi lanjut di luar negeri, khususnya di The University of Nottinghem. Selain itu, beliau juga menjelaskan kesempatan yang sangat terbuka untuk kolaborasi research di kampus Beliau. Nottinghem juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti summer school. 

Kegiatan ini ditutup dengan planning tindak lanjut oleh Pimpinan FMIPA Unesa. Harapannya dalam satu-dua tahun ke depan Dosen dan mahasiswa FMIPA Unesa dapat melanjutkan studi lanjut dan berkolaborasi penelitian dengan kampus-kampus luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *