KERJASAMA & PELUANG BISNIS

1. Kerjasama

Kerjasama dengan industri, institusi, dan masyarakat nasional maupun internasional merupakan indikator mutu dan pendukung aktivitas riset atau studi FMIPA Unesa. Jumlah kerjasama menjadi pencitra positif bagi masyarakat. Dengan mengacu pada hal tersebut, FMIPA menjalin kerjasama dengan:

  1. Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah di Jawa Timur dalam rangka: a) peningkatan profesional guru lewat workshop dan seminar sesuai bidangnya, seperti materi assessment, workshop PMRI, PTK, dll; b) Pendampingan RSBI  sejak tahun 2004; c) Pendampingan olimpiade; d) Pelatihan pembuatan media pembelajaran; e) Pelatihan bidang biotehnologi konvensional; dan e) Lesson Study.
  2. Lembaga Pemerintahan seperti Dinas Pertanian dan PDAM dalam rangka pengembangan mitra untuk PKL dan Pemagangan bagi mahasiswa
  3. Industri, antara lain PT. SIER, PT.  Petrokimia Gresik, PT.  Semen Gresik, PT.  Miwon, PT.  Unilever, PT.  Adiprima Suryaprinta, dan PT.  Telekomunikasi dalam rangka riset dan pemagangan mahasiswa
  4. Lembaga-lembaga penelitian seperti BPPI, BTKL, Taman Nasional Alaspurwo, Dan Kebun Raya Purwodadi dalam rangka riset dan pemagangan mahasiswa.
  5. Yayasan Pendidikan, MGMP SMP, SMA/SMK kota dan kabupaten di Jawa Timur melalui dalam rangka profesionalisme dosen sebagai narasumber seminar sesuai dengan keahlian yang dimiliki
  6. Universiti Kebangsaan malaysia (UKM) dalam rangka student exchange seperti pengiriman 10 mahasiswa untuk program Credit Transfer
  7. Stakeholder dan masyarakat dalam rangka profesionalisme dosen sebagai narasumber pelatihan ketrampilan manajemen laboratorium dan pelatihan untuk mengembangkan wawasan kewirausahaan.

2. Peluang Bisnis

Berbagai program akademik dapat dikembangkan sebagai peluang bisnis yang menjadi sumber income generating FMIPA Unesa. Peluang bisnis berlandaskan potensi dan profesionalisme akademis yang langsung bersentuhan dengan kepentingan stakeholder. Hal ini juga sangat penting bagi pengembangan atmosfir akademis. Bisnis memicu pengembangan profesionalisme dan profesionalisme memberi arah strategis bagi pengembangan bisnis. Kolaborasi bisnis dan profesionalisme ini dapat mengantar FMIPA Unesa pada pembangunan yang lebih pasti dan terarah. Peluang-peluang bisnis berbasiskan profesionalisme akademik yang telah dimanfaatkan civitas akademika di lingkungan FMIPA Unesa adalah:

  1. Pembuatan buku ajar.
  2. Pembuatan buku elektronik interaktif.
  3. Pembuatan media pembelajaran.
  4. Pembuatan media pembelajaran elektronik interaktif.
  5. Pengembangan perangkat pembelajaran seperti perangkat pembelajaran yang memuat pendidikan karakter dan kewirausahaan.
  6. Diklat PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
  7. Diklat model pembelajaran inovatif
  8. Diklat Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Diklat Penilaian hasil belajar
  9. Pendampingan RSBI dan SBI
  10. Diklat Lesson Study
  11. Diklat budidaya jamur dan anggrek
  12. Penyediaan bibit jamur dan Anggrek
  13. Diklat pengolahan makanan seperti yoghurt, nata decoco dan keju
  14. Diklat biotehnologi konvensional
  15. Diklat pengembangan cacing sutra, bioteknologi  (enzim mikrobial)
  16. Diklat penulisan karya ilmiah
  17. Diklat pengoperasian intrumen kimia (AAS, GC, IR, HPLC)
  18. Diklat manajemen laboraturium
  19. Pembuatan sabun kecantikan dan perlengkapan kosmetik yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *