Peran Strategis FMIPA Unesa

strategis

FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan fakultas di lingkungan Unesa (Universitas Negeri Surabaya) yang berfungsi menyeleng-garakan pendidikan tinggi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang MIPA dan pendidikan MIPA. Fakultas ini secara strategis menjadi human resources development agent dalam perubahan pesat tatanan kehidupan internasional yang menggeser posisi SDA (sumber daya alam) dengan potensi SDM (sumber daya manusia) untuk mewujudkan kesejahteraan.

FMIPA Unesa sangat berpengalaman mendidik calon guru bidang-bidang MIPA. Pengalaman tersebut berawal dari kursus B-I dan B-II bidang Ilmu Kimia dan Ilmu Pasti yang menjadi bagian kursus Middlebaar Onderweijs Cursusen (MO Cursusen) pada tahun 1950. FMIPA juga sebagai perintis pendirian IKIP Surabaya yang diresmikan pada tanggal 19 Desember 1964 dengan SK Menteri PTIP No. 182 tahun 1964.

Pengalaman sebagai pendidik dibuktikan dengan sebagian besar lulusan FMIPA Unesa yang berprofesi sebagai guru berhasil menjadi guru bersertifikat profesional. FMIPA juga dipercaya sebagai pembina standar profesi guru melalui program PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru), CE (Continuing Education), dan lain-lain. Prodi (program studi) pendidikan di lingkungan FMIPA Unesa bahkan dipercaya menyelenggarakan pendidikan profesi guru (PPG), yaitu: PPG Matematika, PPG Fisika, PPG Kimia, PPG Biologi, dan PPG Sains.

strategis2

Dengan perluasan mandat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 93 tahun 1999 yang secara resmi mengubah IKIP Surabaya menjadi Universitas Negeri Surabaya, FMIPA Unesa disamping menyelenggarakan prodi pendidikan bidang-bidang MIPA juga dipercaya menyelenggarakan prodi bidang-bidang MIPA. Berbagai prodi di lingkungan FMIPA Unesa tersebut telah berpengalaman mencetak SDM professional yang mampu bersaing dengan lulusan dari berbagai perguruan tinggi terkenal di Indonesia. Hal ini tersurat dari skor kepuasan pengguna lulusan Unesa yang rata-rata di atas 3,4 dalam skala 4 di atas.

strategis3

Peta kompetensi lulusan Unesa terhadap lulusan beberapa perguruan tinggi ternama di Jawa Timur dalam skala 5 diperlihatkan pada grafik diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *