NUDC dan KDMI 2022

Debat merupakan pertukaran dan pembahasan pendapat terkait suatu hal dengan saling menyampaikan argumentasi atau alasan dengan tujuan mempertahankan pendapat bahkan memenangkan pendapat. Hal ini dapat melatih mahasiswa untuk berpikir kritis, analistis, dan solutif, serta kemampuan bernegosiasi dalam menghadapi masalah yang ada. Kegiatan debat menuntut mahasiswa untuk menguasai pengetahuan global, membuat judgement atau argumentasi dan meyakinkan publik. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan lomba debat antar mahasiswa yaitu Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) pada setiap tahun.

Dalam rangka menghadapi KDMI dan NUDC 2022, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan seleksi tingkat fakultas dengan tujuan untuk memilih mahasiswa sebagai delegasi KDMI tingkat universitas. Berbeda dengan tahun sebelumnya, seleksi ditingkat fakultas ini dilaksanakan secara luring pada hari Sabtu, 14 Mei 2022. Seleksi ini bertempat di gedung D1 FMIPA Unesa dengan pembagian tempat NUDC berada di Auditorium Slamet Dajono lantai 3, sedangkan KDMI berada di Ruang Rapat lantai 2.

Seleksi diikuti 5 jurusan yakni jurusan Kimia, Fisika, Biologi, Matematika dan IPA yang masing-masing mengirimkan delegasi sebanyak 2 mahasiswa. Dewan juri untuk seleksi KDMI FMIPA adalah Bapak Sueb, S.Pd., M.Pd., Ibu Clarashinta Canggih, S.E., CIFP., dan Ibu Anindita, S.Pd. Sedangkan dewan juri untuk seleksi NUDC yaitu Ibu Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd., Bapak Jaka Nugraha, S.AB., M.AB., M.AB., dan Bapak Ahmad Singgih S, S.Pd. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 dan berakhir pukul 12.30 WIB. Diperoleh 4 nama delegasi yang akan mewakili FMIPA ke jenjang berikutnya pada masing-masing lomba sebagai berikut.

Juara NUDC FMIPA 2022

  1. Ulinnuha Aisya Putri (1st Winner)
  2. Meyla Dewi Setyorini (2nd Winner)
  3. Fatimah Qonita Nazihah (3rd Winner)
  4. Fadlurachman Faizal Fachrirakarsie (4th Winner)

Juara KDMI FMIPA 2022

  1.  Thoiffatul Khusnun Nisa’ (Juara 1)
  2. Natasya Valencia Nilafah Gea (Juara 2)
  3. Ruhi Asandi (Juara 3)
  4. Sefrina Putri Trisnanti (Juara 4)

Delegasi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam akan mendapatkan pembinaan sebelum melaksanakan seleksi di tingkat Universitas. Pembinaan ini bertujuan untuk mempersiapkan mental kompetisi, penguasaan materi dan strategi dalam berargumentasi sehingga dapat berkompetisi secara maksimal di seleksi KDMI dan NUDC Universitas Negeri Surabaya. Semoga pada tahun ini Mahasiswa FMIPA mampu mengeluarkan kemampuan maksimal dan memperoleh prestasi demi mengharumkan nama FMIPA Unesa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *