Hari Bumi Sedunia dan Khataman Online

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA) Universitas Negeri Surabaya peringati Hari Bumi dengan menghelat webinar nasional bertajuk “Dinamika Alam dan Sosial: Budaya Sikap Sadar Bencana di Bumi Akibat Ulah Manusia” pada Sabtu (24/4/2021).

Lewat acara tersebut, BEM FMIPA bertujuan untuk mengenali dan mengedukasi masyarakat tentang bencana, dampak dan faktor-faktornya yang sering terjadi akhir-akhir ini. Selain itu, juga mengajak masyarakat untuk memahami dan menyadari cara mengantisipasi dan meminimalisir dampak bencana. Adapun yang jadi pemateri adalah Dekan FMIPA Unesa, Prof. Dr. Madlazim, M.Si. dan Mukhtarodin Widodo, S.T., Analis Mitigasi Bencana BPBD Provinsi Jawa Timur.

Madlazim menjelaskan bahwa bencana adalah peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan yang disebabkan oleh faktor alam atau nonalam maupun manusia. Menurutnya, setidaknya terdapat 10 bencana yang sering terjadi di Indonesia yakni banjir, cuaca ekstrim, abrasi, gempa bumi, kekeringan, tanah longsor, kebakaran, tsunami, wabah penyakit, dan gunung meletus.

Karena itu, ia melanjutkan, di tengah ancaman bencana tersebut, perlu adanya mitigasi bencana untuk mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan dari bencana. Caranya, bisa melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatkan kemampuan menghadapi ancaman bencana. “Bencana terjadi kadang tanpa terdeteksi, karena itu penting adanya upaya mitigasi, sehingga dampak bencana bisa diminimalisir,” tegasnya.

Sementara itu, Mukhtarodin memaparkan, tindakan terhadap resiko bencana dimulai dengan upaya pencegahan risiko yakni menghilangkan ancaman dan kerentanan atau pemicu kejadian bencana. Pengurangan risiko bisa dilakukan dengan upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana, pengalihan risiko (asuransi), dan menerima resiko. (dikutip dari www.unesa.ac.id)

khataman online

Selain Webinar Hari Bumi Sedunia, di hari itu juga (Sabtu, 24/04/2021) BEM FMIPA menyelenggarakan Khataman Qur’an Online untuk kegiatan bulan Ramadhan kali ini, dengan tema “Membentuk Generasi Milenial Berjiwa Qur’ani dan Berakhlakul Karimah” yang terbuka untuk mahasiswa/i FMIPA UNESA. Acara ini dilaksanakan selama 6 hari (11 Ramadhan s/d 16 Ramadhan atau 24 April s/d 30 April 2021) di Grup WA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *