Halal Bi Halal 1442H FMIPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unesa menyelenggarakan Halalbihalal di Gedung Auditorium Slamet Haryono FMIPA pada Selasa (25/05/2021). Acara yang digelar secara hybrid itu diikuti oleh seluruh civitas academica FMIPA.

Tema yang diangkat yakni ‘Semangat Kebersamaan dalam Memaknai 1442 H Idulfitri di Tengah Kondisi Pandemi Covid-19’. Kegiatan tahunan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Syauqi, Juara 1 lomba MTQ se-Jawa Timur dari Jurusan Matematika. Kemudian lantunan sholawat dan dilanjutkan dengan tausiah oleh Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A.

Pembacaan ayat suci Al-Quran

Dekan FMIPA Unesa, Prof. Dr. Madlazim, M.Si., dalam sambutannya menjelaskan, meski halalbihalal tahun ini digelar secara offline dan online, tetapi tidak mengurangi makna dan berkah dari kegiatan tersebut. “Kita gunakan kebersamaan ini untuk saling meningkatkan kualitas dan produktivitas kinerja, sehingga kegiatan ini punya makna untuk saling memaafkan. Orang yang beruntung merupakan yang bisa menyeimbangkan antara hubungan dengan Allah SWT dan hubungan dengan manusia,” tandas Madlazim.

Muhammad Turhan dalam tausiahnnya menyampaikan bahwa semangat kebersamaan harus dimiliki oleh setiap manusia. Dia mengingatkan bahwa semangat kebersamaan akan menghasilkan kebahagiaan. “Kalau kebersamaan itu didasarkan pada Allah SWT, kebersamaan itulah yang akan meningkatkan derajat seseorang,” ucapnya.

Turhan melanjutkan, semangat kebersamaan akan mewujudkan sinergi antar manusia dan akan memberikan keberkahan bagi setiap manusia yang melakukannya. “Melalui momentum halalbihalal ini mari kita ikhlaskan apa yang pernah kita lakukan pada orang lain, membuka pintu maaf untuk semuanya. “Karena itu kita diajarkan untuk mengucapkan minal aidzin wal faidzin, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan kita kemenangan di hari yang fitri ini,” pungkasnya. Kegiatan Halalbihalal itu ditutup dengan pembacaan do’a bersama. (Nov/zam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *